Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Sebagai Identifikasi Tantangan Dan Peluang Dalam Mendidik Siswa Untuk Penggunaan Yang Bertanggung Jawab

Authors

  • Riska Reysa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai Author

Abstract

Akhlak siswa merupakan aspek penting dalam pendidikan yang mencakup nilai-nilai moral, etika, dan perilaku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap akhlak siswa di MAN 3 Tabalong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MAN 3 Tabalong yang berjumlah 152 orang. Dari keseluruhan populasi diambil 23% sebagai sampel dengan menggunakan teknik purpose sampling (pertimbangan tertentu), dengan jumlah sampel 35 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan media sosial terhadap akhlak siswa di MAN 3 Tabalong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data diolah dengan menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, diperoleh data hasil pengujian hipotesis Penggunaan Media Sosial menunjukkan nilai thitung =3,430 lebih besar dari nilai ttabel = 1,692, lalu hasil perhitungan analisis regresi linear diperoleh nilai Y=33,390+0,479X, kemudian berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,218 (0,467 x 0,467) atau 21,8%.  Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Media Sosial terhadap Akhlak Siswa, kemudian berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi dapat ditarik kesimpulan bahwa Penggunaan Media Sosial memiliki pengaruh  sebesar 21,8% terhadap Akhlak Siswa di MAN 3 Tabalong, sedangakan 78,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2024-06-01