Optimalisasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Sebagai Peningkatan Pemahaman Keagamaan
Keywords:
Effect, Learning, Qur'an, HadithAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya kemampuan membaca Al-Qur’an dalam Islam maka membacanya harus sesuai dengan kaidah kaidah tajwid yang benar untuk menjadi tujuan dan pedoman hidup didunia hingga akhirat, pembelajaran hukum bacaan terdapat pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits terutama di kelas 4 MIN 28 Hulu Sungai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas 4 MIN 28 Hulu Sungai Utara. Penelitian ini dilakukan di MIN 28 Hulu Sungai Utara, Amuntai-Kalimantan Selatan. Populasi dan sampel seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumenter. Data diolah dengan menggunakan teknik cheking, editing, coding, skor, tabulating, interpretasi data kemudian diadakan analisis data. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh yaitu, adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas 4 MIN 28 Hulu Sungai Utara, dengan demikian hipotesis diterima karena r hitung > r tabel 5% maupun 1%.
Downloads
References
Abidin, Muhammad Nabil, dkk, Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa-Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Al-Islamy Ngoro Mojokerto. Jurnal Pendidikan Islam, Universitas Agama Islam. VOL. 5., NO. 1., 2020.
Afniola, Salwa. Intelegensi Dan Bakat Pada Prestasi Siswa, Jurnal ad-din, Aceh 2020.
Ar Rasikh, Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus pada MIN Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib, Jurnal Penelitian Keislaman, Universitas Negeri Islam Mataram, VOL.15., NO. 1., 2019, hlm. 13.
Bahrani dan Yuli Agustiyani. Belajar Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Palembang, Bening Media Publishing, 2022.
Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta, Bumi Aksara, 2018.
Hidayat, Rahmat, dan Candra Wijaya, Ayat-Ayat Alqur’an tentang Manajemen Pendidikan Islam, Medan, LPPPI, 2017.
Iryani, Eva. Hukum Islam, Demokrasi, Dan Hak Asasi Manusia , Jurnal Ilmiah, Universitas Batanghari Jambi, VOL. 17, NO. 2, 2017.
Mahdali, Fitriyah. Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan, VOL, 4 NO, 1, 2020.
Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya, Media Sahabat Cendikia, 2019.
Rokim, Wahyuni Ahadiyah, dan Lindah Zahrotul Muafah, Solusi Mudah dan Menyenangkan Belajar Al-Qur’an, Jawa Timur, Nawa Litera Publishing, 2021.
Rosyadi, Achmad. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Peer Teaching: Sebagai Alternatif Strategi Belajar Mengajar. Nusa Tenggara Barat, Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2022.
Sani K, Fathur. Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental Dilengkapi dengan Analisis Data Program SPSS. Yogyakarta, Deepublish, 2018.
Setiawan, Dodiet, Aditya. Hipotesis dan Variabel Penelitian, Jakarta, 2018.
Syahrani, Manajemen Pendidikan dengan Literatur Qur’an, Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, VOL., 10 NO. 2., 2019.
Uyun, Muhammad, dan Idi Warsah, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta, CV Budi Utama, 2021.