Implementasi Metode Game Based Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Al-Ukhuwwah Lok Bangkai

Authors

  • Helda Daniati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai Author
  • Ria Susanti Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode game based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Ukhuwwah Lok Bangkai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 24 orang di MTs Al-Ukhuwwah Lok Bangkai. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tentang implementasi metode game based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC di MTs Al-Ukhuwwah Lok Bangkai. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan metode game based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Ukhuwwah Lok Bangkai. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus. Pada siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata siswa adalah 77,91 dengan persentase nilai 66,67% kemudian nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,62 dengan persentase nilai 87,50% pada siklus I pertemuan kedua dan pada siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata siswa adalah 90,62 dengan persentase nilai 87,50% kemudian nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 94,79 dengan persentase nilai 91,67% pada siklus II pertemuan kedua. Sebagai hasilnya siswa mampu menerima materi yang di sampaikan dan adanya perubahan yaitu peningkatan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles