Pengaruh Pembelajaran Al-Qur’an HaditsTerhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Kelas 4 Min 28 Hulu Sungai Utara

Authors

  • Annisa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai Author
  • Ria Susanti Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai Author
  • Syahrani Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai Author

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya kemampuan membaca Al-Qur’an dalam Islam maka membacanya harus sesuai dengan kaidah kaidah tajwid yang benar untuk menjadi tujuan dan pedoman hidup didunia hingga akhirat, pembelajaran hukum bacaan terdapat pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits terutama di kelas 4 MIN 28 Hulu Sungai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas 4 MIN 28 Hulu Sungai Utara. Penelitian ini dilakukan di MIN 28 Hulu Sungai Utara, Amuntai-Kalimantan Selatan. Populasi dan sampel seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumenter. Data diolah dengan menggunakan teknik cheking, editing, coding, skor, tabulating, interpretasi data kemudian diadakan analisis data. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh yaitu, adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas 4 MIN 28 Hulu Sungai Utara, dengan demikian hipotesis diterima karena r hitung > r tabel 5% maupun 1%.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles