Perspektif Interdisipliner Tentang Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa

Authors

  • Hj. Noor Hilmah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin Author

Abstract

Permasalahan yang ingin dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam murid Sekolah Dasar Negeri Teluk Dalam 12 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam murid Sekolah Dasar Negeri Teluk Dalam 12 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid Sekolah Dasar Negeri Teluk Dalam 12 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin yang terdaftar tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 109 orang, kemudian diambil sampel sebanyak 20 orang dengan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumenter. Teknik pengolahan data editing dan klasifikasi data, kemudian ditabulasi serta diinterpretasi data-data tersebut. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan menggunakan metode induktif dalam menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa:  Motivasi murid dalam belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Teluk Dalam 12 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2023/2024 termasuk cukup tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi murid dalam belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Teluk Dalam 12 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin adalah: Faktor Intern yaituTingginya aktivitas kehadiran murid dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam, Tingginya aktivitas murid dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam, Tingginya rasa kebutuhan dan rasa senangnya murid terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Lingkungan sekolah yang sangat mendukung. Faktor Ekstern yaitu hubungan murid dengan guru PAI yang dapat terjalin dengan baik, tingginya dorongan, perhatian dan bimbingan dari orang tua murid terhadap belajar anaknya.

Downloads

Published

2024-06-01