Pengaruh Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa MI Al-Falah Desa Tigarun Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara

Authors

  • Putri Roseana Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai Author
  • Ria Susanti Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai Author

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya degradasi moral pada anak di zaman sekarang sehingga sekolah berupaya dalam  mengatasi hal itu. Sekolah mempunyai peran dalam pembentukan karakter siswanya. Pembentukan karakter merupakan penanaman suatu kebiasaan tentang hal mana yang baik kepada siswa dengan melalui kegiatan baik yang dibiasakan sehingga mereka menjadi paham, lalu mampu merasakan apa saja nilai yang baik dan bisa menerapkannya kedalam kehidupan sehari-hari, seperti kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap pembentukan karakter siswa MI Al-Falah Desa Tigarun Kecamatan Amuntai Tengah Kabupten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas 3 sampai dengan kelas 6 sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumenter, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap pembentukan karakter siswa MI Al-Falah Desa Tigarun Kecamatan Amuntai Tengah Kabupten Hulu Sungai Utara telah dibuktikan dengan uji korelasi dan menunjukkan nilai r koefisien korelasi product moment (0,4751) lebih besar dibandingkan r tabel 5% (0,3440) dan 1% (0,4421). Maka hasilnya signifikan dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap pembentukan karakter siswa MI Al-Falah Desa Tigarun Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. 

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles